Senin, 15 September 2008

Susahnya Cari Pembantu di Batam

Tidak lama lagi pembantu yang biasa ngurusin anak kami pulang kampung untuk berlebaran. Dengan alasan mau tinggal di kampung si Mbak ini bilang tidak akan balik lagi ke rumah kami. Kurang lebih selama 10 bulan si Mbak tinggal di rumah kami. Dan kami sudah menganggap dia seperti keluarga sendiri. Anak sayapun sudah lengket dengannya.

Tapi yah begitulah, keinginan dia berhenti kami hormati, tinggallah kami yang berusaha untuk mencari gantinya. Tidak mudah memang mencari pekerja rumah tangga di Batam ini. Mungkin karena letak pulau yang jauh yang mesti ditempuh dengan menyeberang lautan menjadikan orang berpikir dua kali untuk menjadi pekerja rumah tangga di Batam. Mungkin di pikiran mereka lebih baik ke luar negri sekalian seperti Malaysia ataupun Singapura sebagai TKW, daripada di Batam.

Kesulitan mencari pembantu rumah tangga ini bukan cuma saya yang merasakan. Banyak rekan-rekan kerja saya yang punya anak batita bilang betapa susahnya mencari pembantu untuk jaga anaknya. Kalaupun dapat, kadang-kadang bertahan bekerja 2 atau 3 bulan saja. Bahkan ada rekan saya sebut saja Mbak Yanti dalam waktu 2 tahun sudah berganti pembantu lebih dari 7 kali. Dan karena ketiadaan pembantu ini terpaksa mereka harus membawa anaknya sembari bekerja di kantor.

Bagi kami kaum ibu rumah tangga yang juga bekerja, keberadaan pembantu rumah tangga sangat penting. Dengan adanya mereka, pekerjaan rumah tangga bisa terbantu dan terutama ada yang menjaga dan mengawasi anak pada saat kami masih berkutat dengan pekerjaan kantor. Biasanya, kami mencari pembantu rumah tangga dengan cara-cara berikut :

  • Memasang iklan di media massa
    Berdasarkan pengalaman, memang banyak respon saat kita memasang iklan di media masa, namun kita harus lebih selektif dalam memilih kandidat apabila kita pilih cara ini. Karena ada beberapa pengalaman teman-teman saya, dimana yang menelpon adalah orang orang yang lagi dalam masa tunggu karena habis kontrak dari pekerjaan nya yang lama sebagai operator dan dalam tahap menunggu panggilan kontrak berikutnya. Yang seperti ini biasanya tidak akan bertahan lama. Sebaiknya pilih yang memang benar-benar mau bekerja

  • Memakai Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga
    Apabila pakai cara ini kita diharuskan mengeluarkan sejumlah uang sebagai deposit kepada Agen penyalur PRT yang kita pilih. Sebaiknya pilih agen PRT yang terdaftar demi keamanan. Dan sedikit cerewet pada saat meninterview calon pembantu yang akan kita pilih saya rasa merupakan yang terbaik agar kita lebih tahu latar belakang calon tersebut.
  • Mendatangkan pembantu sendiri dari Kampung.
    Ada beberapa orang yang lebih memilih untuk memakai cara ini. Biasanya calon pembantu orang yang sudah kita kenal atau setidaknya ada referensi dari saudara atau teman tentang orang tersebut. Cara ini cukup ribet dan agak lama memang. Kita harus cari informasi dulu apakah ada calon kandidat yang bisa kita rekrut. Belum lagi kita harus menyediakan dana yang cukup untuk membelikan tiket mereka. Saya pribadi lebih suka cara ini. Rasanya lebih nyaman meninggalkan buah hati kita kepada orang yang kita tahu asal usulnya.

Bagaimanapun, cara-cara di atas pasti ada sisi plus dan minusnya. Tetapi ada atau tidak ada pembantu, anak adalah tanggung jawab kita sepenuhnya. Dan hidup harus tetap berjalan seperti biasa. (*)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Emang susah mcari prt utk di batam, di krn sdh byk iming 2 buat mrk gaji yg bsr, TP setelah di selidiki...ternyata mrk mendapatkan gaji setelah 6 ada yg 9 Ben brp dot gaji, Krn....di potong agent langsung....terutama di Singapore....ddi tambah bila hrs minggu, mrk libur byk melakukan sex bebas,...tdk sedikit Dr mrk yg Hamil, dn menggugur kan kandungan,,,,,, baik itu yg gadis,,, MaupUN yg janda atau yg mesh ada iktan istri,,,,,, dn jg prt di mana...moral bejat,,, sprt kerja sama dgn agent nya...tdk sensual dgn perjanjian, pd saat kota mengambilnya....di tambah minta gaji....lbs bar prt umr gaji di batam...baiknya kota m3cari Dr krabat kita....

Unknown mengatakan...

Baik pembantu dn agent penyalur sama brengsek nya....memanfaatkan Kern kota butuh mrk.....pd Hal mrk jd tkw....pd byk yg gak beres,, terutama di Singapore, Hong Kong, dn Taiwan..... wajar mrk di sana amper di siksa dn terhina, Kern prilaku mrk.....baik nya kota m3cari prt pd krabat kita.....