Jumat, 28 Januari 2011

A Walk To Remember

Bayangkan hidup sebagai suatu permainan ketangkasan di mana kita harus memainkan keseimbangan 5 buah bola yang dilempar ke udara. Bola-bola tersebut bernama: Pekerjaan, Keluarga, Kesehatan, Teman, dan Spirit. Dan, kita harus menjaga agar ke-5 bola ini seimbang di udara. Kita akan segera mengerti bahwa ternyata "Pekerjaan" hanyalah sebuah bola karet. Jika kita menjatuhkannya maka ia akan dapat memantul kembali. Tetapi, empat bola lainnya "Keluarga, Kesehatan, Teman, dan Spirit" terbuat dari gelas. Dan jika kita menjatuhkan salah satunya maka ia akan dapat terluka, tertandai, tergores, rusak atau bahkan hancur berkeping-keping. Dan ingatlah, mereka tidak akan pernah kembali seperti aslinya. Kita harus memahaminya benar dan berusaha keras untuk menyeimbangkannya dengan nilai orang lain. Perbedaan yang ada diciptakan untuk membuat masing-masing diri kita istimewa.

Jangan tetapkan tujuan dan sasaran kita dengan mengacu pada apa yang orang lain anggap itu penting. Hanya kita yang mengerti dan dapat merasa "apa yang terbaik untuk kita"

Jangan biarkan hidup kita terpuruk di masa lampau atau dalam mimpi masa depan. Satu hari hidup pada suatu waktu berarti hidup untuk seluruh waktu hidupmu.

Jangan menyerah ketika masih ada sesuatu yang dapat kita berikan. Tidak ada yang benar-benar kalah sampai kita berhenti berusaha.

Jangan takut mengakui bahwa diri kita tidaklah sempurna. Ketidaksempurnaan inilah yang merupakan sulaman benang rapuh yang mengikat kita satu sama lain.

Jangan sekali-kali menilai kecantikan dan keindahan dari bentuk luarnya. Karena, kecantikan sejati ada di balik bentuk, kulit, dan warna. Bahwa makna lebih bernilai ketimbang gaya. Dan substansi lebih penting ketimbang penampilan.

Jangan takut menghadapi resiko. Anggaplah resiko sebagai kesempatan kita untuk belajar bagaimana menjadi berani.

Jangan berusaha untuk mengunci cinta memasuki hidupmu dengan berkata: "Tidak mungkin saya temukan". Cara tercepat untuk mendapatkan cinta adalah dengan memberinya. Cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan menggenggamnya sekencang mungkin. Dan, cara terbaik agar cinta tetap tumbuh adalah dengan memberinya "sayap"

Janganlah berlari, meskipun hidup tampak sangat cepat, sehingga kita lupa darimana kita berasal dan juga lupa sedang menuju kemana kita.

Jangan lupa bahwa kebutuhan emosi terbesar dari seseorang adalah kebutuhan untuk merasa dihargai.

Jangan takut untuk belajar sesuatu, ilmu pengetahuan adalah harta yang selalu dapat kita bawa kemanapun tanpa membebani.

Jangan gunakan waktu dan kata-kata dengan sembrono. Karena keduanya tidak mungkin kita ulang kembali jika telah lewat.

Hidup bukan pacuan melainkan suatu perjalanan di mana setiap tahap sepanjang jalannya harus dinikmati. Dan akhirnya;MASA LALU adalah SEJARAH, MASA DEPAN merupakan MISTERI, dan SAAT INI adalah KARUNIA. Itulah kenapa dalam Bahasa Inggris saat ini disebut: "Present" . ***


( Salah satu tulisan ex pacar, yang menjadi salah satu pertimbangan saya menerimanya menjadi suami. Hope we will be together till death do us apart )

Tidak ada komentar: