Selasa, 11 November 2008

Meredam Amarah

Mengelola perasaan marah memang tidak mudah. Kadangkala, kejadian sehari hari yang sepelepun bisa menimbulkan rasa marah. Apalagi saat sedang stress, hal sedikit saja yang kurang berkenan di hati, sudah cukup membuat tekanan darah kita melonjak naik dan membuat kita jadi uring - uringan.

Sebagai manusia, memiliki rasa marah adalah hal yang wajar. Namun kita harus bisa mengelolanya agar rasa marah kita tidak membuat kita bertindak negative. Banyak hal buruk terjadi jika kita membiarkan diri kita dikuasai amarah. Aura badan jadi panas, gelisah, jantung berdebar – debar dan hidup tidak tenang. Wajah pun jadi cepat tua kalau kita sering marah.

Kemarahan memang tidak bisa kita prediksi, datang dan pergi begitu saja. Namun, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meredam emosi kita, misalnya dengan melakukan hal- hal dibawah ini :

  1. Memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda
    Saat kita marah cobalah untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk menelaah masalah yang kita hadapi dengan logika. agar kita bisa mendapatkan pemecahan masalah yang terbaik untuk semua pihak.

  2. Relaks & Kalem
    Saat sedang datang amarah cobalah untu tarik nafas dalam dalam, regangkan otot otot kita yang sedang menegang. Dan tenangkanlah pikiran kita dengan memikirkan hal hal yang indah indah. Mudah - mudahan rasa marah kita bisa memudar dan emosi kita menjadi lebih stabil.

  3. Berwudhu
    Jika kita seorang muslim, wudhu adalah cara yang paling ampuh untuk melepaskan diri dari rasa marah yang sedang menguasai kita. Sejuknya air wudhu akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih dan perasaan menjadi lebih enteng.

Menjadi orang yang penyabar memang tidak mudah, tapi setidaknya kita harus belajar untuk bisa menjadi orang yang lebih sabar. Kemarahan hanya akan membuat kita jauh dari orang orang yang kita sayangi. Dan tidak ada manfaat apapun yang kita dapat jika kita mengumbar amarah, kecuali kehancuran.

Tidak ada komentar: